10 Kata-Kata Luar Biasa dari Nelson Mandela!


Nelson Mandela merupakan Presiden Afrika Selatan pada tahun 1994-1999. Ia merupakan presiden kulit hitam pertama bagi Afrika Selatan. Perjuangannya masuk ke dunia politik tidak mudah, ia harus masuk penjara terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa menjadi presiden.

era tahun 1800-an bisa dibilang menjadi masa-masa gelap, bagi mereka yang berkulit hitam. Seolah berbeda dengan orang-orang kebanyakan, mereka diperlakukan tidak seharusnya oleh yang berkulit putih. Hal ini bermula di abad ke-17 tepatnya di Amerika Serikat, ketika Amerika Serikat mulai menerapkan sistem perbudakan di negara mereka. Sedihnya, mereka yang berkulit hitamlah yang dijadikan sasaran bagi rakyat Amerika Serikat yang saat itu didominasi oleh para kulit putih. 

Status perbudakan ini terjadi karena umumnya mereka yang berkulit hitam adalah imigran atau keturunan Afrika yang berada di Amerika Serikat. Afrika sendiri pada saat itu menjadi negara yang dianggap miskin dan terbelakang jika dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

Ternyata, rasisme yang terjadi di awal abad 17 tersebut tidak berhenti sampai di situ saja. Hal tersebut terus bergulir bahkan bisa dibilang sampai sekarang tidak hilang sepenuhnya. Tahun 50-60an juga kental dengan nuansa rasisme. Namun, bagi mereka yang tinggal di Amerika Serikat, hal tersebut merupakan hal yang biasa. Kalau kalian menonton film berjudul 42, di film tersebut jelas menggambarkan cerita seorang atlet Baseball yang diremehkan dan dikucilkan karena dirinya adalah seorang yang berkulit hitam. Meski kental dengan latar belakang rasisme, tidak menutup kemungkinan bagi orang berkulit hitam untuk bisa jadi orang hebat atau legendaris. Sebut saja Nelson Mandela.

Dibawah ini 10 Kata-kata Luar Biasa dari Seorang Nelson Mandela:

Untuk bebas tidak hanya membuang satu rantai. Tetapi untuk hidup dalam rasa saling menghargai dan memperbesar kebebasan orang lain. 
Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia. 
Saya belajar bahwa keberanian tidak akan pernah absen dari ketakutan. Tetapi mereka berhasil menang atas itu. Orang berani bukan mereka yang tidak pernah merasa takut, tapi mereka yang bisa menaklukkan rasa takut itu. 
Saya menyukai teman yang memiliki pikiran terbuka karana mereka akan melayanimu untuk melihat segala masalah dari berbagai sudut pandang. 
Pimpin dari belakang dan biarkan orang lain percaya mereka ada di depan. 
Menolak pemenuhan hak asasi manusia berarti menantang kemanusiaan itu sendiri. Membuat seseorang berada dalam penderitaan dengan kelaparan dan hidup yang penuh kekurangan (kemiskinan) berarti tidak memanusiakan mereka. Namun, hal-hal tersebut merupakan nasib buruk yang menimpa semua orang kulit hitam di negara kita di bawah sistem apartheid. 
Kelihatannya semua itu mustahil sampai semuanya terbukti. 
Kita harus menggunakan waktu dengan bijaksana dan selamanya menyadari bahwa waktu selalu siap untuk berbuat benar. 
Saya benci diskriminasi dan segala manifestonya. Saya bertarung sepanjang hidup saya, saya bertarung sekarang dan sampai akhir hayat saya. 
Tak ada jalan mudah untuk mencapai kemerdekaan di mana pun. Banyak dari kita berkali-kali harus melewati lembah dengan bayangan kematian sebelum mencapai puncak cita-cita kita itu.

Tidak ada komentar untuk "10 Kata-Kata Luar Biasa dari Nelson Mandela!"

loading...
Hosting Unlimited Indonesia
loading...

Berlangganan via Email