PSIKOLOGI DAN PSIKIATER SEBAGAI UNSUR DALAM ETIOLOGI KRIMINAL



Dalam kriminologi dikenal suatu istilah etiologi kriminal. Etiologi kriminal adalah ilmu yang menyelidiki atau yang membahas asal usul atau sebab musabab kejahatan (kausa kejahatan).( Wahju Muljono, 2012: 97). Konsep kejahatan dan siap yang menjadi korban kejahatan adalah pangkal tolak untuk menjelaskan bagaimana posisi hukum korban (Siswanto Sunarso, 2014: 42).

Dalam etiologi kriminal, fokus perhatiannya pada objek studi kriminologi, yakni penjahat, yaitu mempelajari alasan seseorang melanggar hukum pidana, atau melakukan tindak kejahatan sementara orang lain tidak melakukannya.

Berdasarkan etiologi kriminal, tindak kejahatan dilihat dari beberapa perspektif yaitu sosiologis, biologis dan psikologis Dipandang dari sudut formil (menurut hukum), kejahatan adalah suatu perbuatan, yang oleh masyarakat (dalam hal ini negara) diberi pidana. Hukum pidana semacam itu tidak bertujuan melindungi masyarakat, tetapi memperkuat alasan untuk menentang perbuatan sewenang-wenang dari penguasa. Lebih jauh lagi kejahatan merupakan sebagian dari perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan kesusilaan, bahkan di negara modern hampir tiap perbuatan yang dicap sebagai kejahatan oleh hampir semua penduduknya dirasakan sebagai perbuatan yang melanggar kesusilaan (W.A. Bonger, 1981: 19-20)

Sinergi dengan hal di atas, usaha mencari faktor etiologi kriminal dari usnur psikologi, yaitu mencari dan menemukan penyebab kejahatan dengan cara meneliti “ hubungan kejiwaan dengan kejahatan.” Psikologi kriminal adalah usamencari faktor etiologi kriminal dari usnur psikologis, dan kajiannya dilakukan berdasarkan anggapan. Dengan demikian penjahat adalah orang-orang yang memiliki gangguan kejiwaan dengan ciri-ciri psikis berbeda dengan orang-orang yang bukan penjahat. Cara yang bisa dilakukan yaitu membagi manusia menurut tipe-tipe psikis tertentu, berdasarkan metode-metode yang dibenarkan menurut ilmu psikologi, bentuk ganggunag kejiawaan yang dimaksud adalah psikosis, neuroses, dan cacat mental.
teori psikoanalisis kepribadian yang mencakup Id, Ego dan Superego menurut Sigmund Freud. Saya akan mengutip kata-kata mutiara yang pernah dilontarkan oleh beliau "Kita tidak bisa mengingkari kesan bahwa manusia umunya menggunakan standar yang keliru. Mereka mencari kekuatan, sukses dan kekayaan untuk diri mereka sendiri, memuji diri mereka sendiri dihadapan orang lain dan mereka memandang rendah pada apa yang sebenarnya berharga dalam hidup" Sigmund Freud
(Download Naskah Lengkapnya)

Tidak ada komentar untuk "PSIKOLOGI DAN PSIKIATER SEBAGAI UNSUR DALAM ETIOLOGI KRIMINAL"

loading...
Hosting Unlimited Indonesia
loading...

Berlangganan via Email